cover
Contact Name
Marlya Fatira AK
Contact Email
marlyafatira@polmed.ac.id
Phone
+6285261198881
Journal Mail Official
marlyafatira@polmed.ac.id
Editorial Address
Department of Accounting Faculty of Financial and Sharia Banking Politeknik Negeri Medan Jl. Almamater Kampus USU No. 01, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal
ISSN : -     EISSN : 27470830     DOI : https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Focus and Scope Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal ini merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel hasil penelitian atau literature review yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, praktisi pada bidang scope Ekonomi Syariah, Binis dan Kewirausahaan Islami, Muamalah, Filantropi, Keuangan dan Perbankan Syariah, Keuangan Mikro syariah dan Manajemen sumber daya insani.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni 2020" : 5 Documents clear
PENGARUH BAGI HASIL TERHADAP JUMLAH DANA DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH PERIODE 2017-2019 Anggi Adelia Firdaus Lubis; Muhammad Zuhirsyan; Asmalidar
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.97 KB)

Abstract

Judul penelitian ini ialah pengaruh bagi hasil terhadap jumlah dana deposito mudharabah pada PT Bank BNI Syariah periode 2017-2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bagi hasil terhadap jumlah dana deposito mudharabah pada PT Bank BNI Syariah periode 2017-2019. Data penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi hasil memiliki pengaruh yang sangat rendah dan tidak signifikan terhadap jumlah dana deposito mudharabah pada PT Bank BNI Syariah periode 2017-2019.
STRATEGI PENINGKATAN “CASA” DALAM MENURUNKAN PRICING DANA DI BANK SYARIAH Jihan Khairunisa; Muslim Marpaung; Anriza Witi Nasution
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.816 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Peningkatan CASA dalam Menurunkan Biaya Dana di PT Bank Sumut Syariah”. Permasalahan muncul dimana sumber dana pihak ketiga perbankan syariah masih didominasi oleh dana mahal, yaitu deposito, dan ketertarikan masyarakat terhadap profit oriented mengakibatkan biaya dana yang ditanggung perbankan syariah relatif tinggi. Komposisi CASA PT Bank Sumut Syariah menunjukan adanya peningkatan setiap tahunnya dengan melakukan hard selling dan membuat program yang dapat menarik perhatian masyarakat. Dalam merumuskan strategi peningkatan CASA, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan menerapkan Analisis SWOT dengan memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal. Analisis matrik IFAS diperoleh total nilai dari faktor internal adalah sebesar 3,1 dan dari matrik EFE diperoleh total nilai dari faktor internal sebesar 2,7. Dari evaluasi faktor internal dan eksternal dapat disimpulkan bahwa faktor internal lebih besar dan berada di kuadran 1 menunjukan situasi yang menguntungkan untuk melakukan kebijakan strategi yang agresif disaat keadaan global dikarenakan wabah pandemic dengan menjadikan ancaman sebagai peluang dalam menjalin kerjasama dengan industri perbankan dan fintech dalam penggunaan teknologi.
PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT IBU MUSLIM KOTA MEDAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN HALAL Karina Chairunnisyah; Marlya Fatira AK; Hubbul Wathan
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.364 KB)

Abstract

Penelitian ini tentang “Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal.”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yang di kuantitatif kan dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didistribusikan kepada 204 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi dan uji parsial (uji statistik t). Hasil penelitian ini menunjukkan Religiusitas secara parsial berpengaruh kuat, positif dan signifikan terhadap minat Ibu Muslim Kota Medan dalam mengkonsumsi produk makanan halal dengan nilai pengaruh sebesar 52,6% dan terbukti t hitung (2,162) lebih besar dari t tabel (1,9718) sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat Religiusitas maka semakin tinggi pula minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Ibu Muslim yang religius memiliki karakteristik mayoritas berusia 41-50 tahun yang berpendidikan S1, berstatus sebagai Ibu Rumah Tangga, memiliki pendapatan dan pengeluaran mayoritas sebesar >Rp 1.000.000 s/d Rp 5.000.000 dan memiliki tanggungan keluarga sebanyak 2 orang.
PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM DI POLMED Khairunnisa; Hubbul Wathan; Marlya Fatira AK
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.358 KB)

Abstract

Penelitian ini tentang “Pengaruh Religiusitas terhadap keputusan penggunaan uang elektronik pada generasi milenial muslim di Polmed”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Religiusitas secara parsial terhadap Keputusan penggunaan uang elektronik pada generasi milenial muslim di Polmed. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang didistribusikan kepada 70 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji statistik F, uji statistik t, koefisien korelasi dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Religiusitas secara parsial berpengaruh positif, lemah dan tidak signifikan terhadap keputusan generasi milenial muslim dalam menggunakan uang elektronik. Generasi milenial muslim yang religius memiliki karakteristik mayoritas perempuan berusia 23-24 tahun, kuliah pada semester 8 dengan pengeluaran per bulan 5 ratus ribu rupiah sampai 1 juta rupiah dengan mayoritas menggunakan uang elektronik OVO.
PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, MEDIA COMMUNICATION TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BNI SYARIAH MEDAN Annisa; Muhammad Zuhirsyan; Muslim Marpaung
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.918 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Media Communication Terhadap Minat Memilih Produk Bank BNI Syariah Cabang Medan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand image dan media communication terhadap minat memilih produk Bank BNI Syariah cabang Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji determinasi dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara variabel brand awareness, brand image, dan media communication terhadap minat memilih produk dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa media communication dan brand image dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dan 0,007 menunjukkan bahwa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk, sedangkan brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat memilih produk dengan tingkat signifikan 0,137.

Page 1 of 1 | Total Record : 5